Efektivitas Penggunaan Media Literasi berbasis Digital Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak TK B RA Babussalam Bener Meriah

Ema Raydani, 180210100 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Literasi berbasis Digital Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak TK B RA Babussalam Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Literasi] Text (Efektivitas Penggunaan Media Literasi)
Ema Raydani, 180210100, FTK, PIAUD, 082278845945.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan di RA babussalam masih kurang optimal dalam pengenalan membaca permulaan anak, sehingga anak belum mampu memenuhi indikator membaca untuk anak usia 5-6 tahun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media literasi berbasis digital terhadap kemampuan membaca permulaan anak TK B RA Babussalam Bener Meriah. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postes. Hasil penelitian ditemukan bahwan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan anak sebelum menggunakan media literasi berbasis digital adalah 48,92 dan kemampuan membaca permulaan anak setelah diberikan treatment meningkat dengan hasil rata-rata 75,2. Berdasarkan analisis hasil uji t diperoleh nilai dengan signifinan 0,000<0.05. maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media literasi berbasis digital efektif terhadap kemampuan membaca permulaan anak TK B RA Babussalam Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Heliati Fajriah, S.Ag,MA 2. Lina Amelia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Literasi, Berbasis Digital, Membaca Permulaan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ema Raydani Ema
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:12
Last Modified: 08 Sep 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32163

Actions (login required)

View Item
View Item