Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Kaligrafi Naskhi Siswa Di Pesantren Darul Mahabbah Singkil.

Marlina, 190202129 (2023) Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Kaligrafi Naskhi Siswa Di Pesantren Darul Mahabbah Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Kaligrafi Naskhi Siswa Di Pesantren Darul Mahabbah Singkil.] Text (Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Kaligrafi Naskhi Siswa Di Pesantren Darul Mahabbah Singkil.)
Marlina, 190202129, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, bahwa santriwati di pesantren darul mahabbah singkil khususnya dikelas tiga tsanawiyah, peneliti menemukan bahwa mereka menghadapi masalah dalam menulis huruf arab. Karena beberapa dari mereka sulit membedakan huruf-huruf arab yang bermacam-macam, tidak dapat menulis huruf arab dengan benar, dan tidak dapat menyambungkan huruf-hurufnya, adapun penyebab masalah ini adalah kurangnya bimbingan dari guru dan latihan dalam menulis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode drill efektif untuk meningkatkan kemampuan kaligrafi naskhi siswa dan untuk mengetahui aktivitas guru dan santriwati saat proses pembelajaran di pesantren darul mahabbah singkil. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah eksprimen dengan desain one grup pre test post test. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri kelas tiga tsanawiyah yang berjumlah 139 santri. Dan adapun sampelnya berjumlah 22 santriwati kelas tiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pretest dan post test adalah dengan tingkat signifikasi (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode drill untuk meningkatkan kemampuan kaligrafi naskhi siswa itu efektif. Dan adapun hasil penelitian kegiatan guru dan santriwati pada saat proses menulis kaligrafi naskhi melalui penggunaan metode drill itu memperoleh nilai yang hasilnya mencapai 96 % untuk lembar observasi guru 93 % untuk lembar observasi santriwati. Ini membuktikan bahwa penggunaan metode drill efektif untuk meningkatkan kemampuan kaligrafi naskhi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Marlina Marlina
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:20
Last Modified: 14 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32440

Actions (login required)

View Item
View Item