Fermentasi Molase dari Tetes Tebu sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan

Adean Mayasri, 2012039201 (2023) Fermentasi Molase dari Tetes Tebu sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Fermentasi Molase dari Tetes Tebu sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan] Text (Fermentasi Molase dari Tetes Tebu sebagai Alternatif Bahan Bakar Terbarukan)
LP_PPK_2020-Adean Mayasri.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Setiap tahun populasi manusia dan kegiatan yang dilakukan di bumi terus meningkat. Kegiatan ini tidak lepas dari penggunaan bahan bakar. Bahan bakar merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan berasal dari fosil yang membutuhkan proses ratusan ribu tahun untuk berubah menjadi minyak. Pembakaran dari bahan bakar fosil ini mengemisikan gas yang lama kelamaan membahayakan kehidupan dibumi. Penggunaan bahan bakar fosil ini secara terus menerus akan membuatnya habis. Diperlukan alternatif suatu bahan bakar yang dapat diperbaharui serta ramah lingkungan seperti bioetanol. Bioetanol dapat diperoleh melalui fermentasi bahan alam. Penelitian tentang fermentasi molase dari tetes tebu sebagai alternatif bahan bakar terbarukan telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fermentasi molase dari tetes tebu sebagai alternatif bahan bakar terbarukan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor A yaitu waktu yang dibutuhkan selama proses aerasi. Faktor B yaitu pengenceran yang dilakukan terhadap molase. Faktor A dilakukan dengan empat variasi yaitu 24, 48, 72, dan 96 jam. Faktor B dilakukan dengan tiga variasi perbandingan yaitu 1:1,5; 1:2; dan 1:2,5.

Item Type: Book
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:57
Last Modified: 07 Nov 2023 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32628

Actions (login required)

View Item
View Item