Peranan Ustadz/Ustadzah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh dalam Pembinaan Akhlak Anak

Husni Mubarak, 211323892 (2018) Peranan Ustadz/Ustadzah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh dalam Pembinaan Akhlak Anak. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Akhlak Anak dalam Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Akhlak Anak dalam Islam)
Husni Mubarak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pembinaan akhlak anak sejak dini sangat penting dilakukan untuk membentuk kepribadian anak agar berlandaskan ajaran agama Islam untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Dalam hal ini pembinaan akhlak anak di TPA Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh tidak terlepas dariperanan ustadz-ustadzah yang menerapkan berbagai metode pembinaan akhlak. Ada beberapa pertanyaan yang timbul dalam penelitian ini, yaitu bagaimana usaha ustadz-ustadzah TPA Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh dalam pembinaan akhlak anak, strategi apa sajakah yang digunakan oleh ustad-ustadzah dalam pembinaan akhlak anak di TPA Darul Falah Gampong Pineung, dan faktor-faktor apakah yang mendorong dan menghambat pembinaan akhlak yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan ustadz-ustadzahTPA Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh dalam pembinaan akhlak anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatandeskriptif analisis (paparan). Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dari ustadz-ustadzah TPA Darul Falah, orang tua/wali santri, serta santri TPA Darul Falah. Hasil penelitian menunjukkan peranan ustadz/ustadzah yaitu sebagai pembimbing, teladan dan penasehat. Bentuk bimbingan secara langsung ustadz/ustadzah di TPA Darul Falah yaitu; ustadz/ustadzah membimbing jalannya do’a pada awal pembelajaran, membimbing santri cara berpakaian yang syar’i, serta membimbing santri menghafal do’a ibadah. Metode yang digunakan oleh ustadz/ustadzah di TPA Darul Falah yaitu keteladanan, pembiasaan, bercerita dan nasehat. Dalam hal pembinaan akhlak tentu adanya faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong di antaranya ada tuntunan dari agama Islam untuk mendidik anak agar berakhlak mulia, faktor lain adanya semangat orang tua mengantar anak-anaknya ke TPA serta dukungan dari masyarakat sekitar. Terkait dengan faktor penghambat, yaitu disebabkan oleh padatnya jadwal santri, sehingga mengakibatkan pembelajaran terasa berat dan tidak mudah diserap. Selain itu, kepadatan waktu yang dimiliki oleh ustadz/ustadzah. Baik karena kegiatan kuliah maupun kegiatan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Suyanta, M.Ag 2. Imran, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peranan ustadz-ustadzah, Pembinaan akhlak anak, Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husni Mubarak
Date Deposited: 11 Apr 2018 03:19
Last Modified: 11 Apr 2018 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item
View Item