Analisis Indeks Keandalan Pelayanan Sistem Distribusi Tenaga Listrik 20 KV Berdasarkan Metode Saidi Dan Saifi Di PT. PLN (PERSERO) ULP Lancang Garam Kota Lhoksemawe

Muhammad Mirdasil Aslami, 170211042 (2023) Analisis Indeks Keandalan Pelayanan Sistem Distribusi Tenaga Listrik 20 KV Berdasarkan Metode Saidi Dan Saifi Di PT. PLN (PERSERO) ULP Lancang Garam Kota Lhoksemawe. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Indeks Keandalan Pelayanan Sistem Distribusi Tenaga Listrik 20 KV Berdasarkan Metode  Saidi Dan Saifi Di PT. PLN (PERSERO) ULP Lancang Garam Kota  Lhoksemawe] Text (Analisis Indeks Keandalan Pelayanan Sistem Distribusi Tenaga Listrik 20 KV Berdasarkan Metode Saidi Dan Saifi Di PT. PLN (PERSERO) ULP Lancang Garam Kota Lhoksemawe)
kripsi mirdasil terbaru A4. setelah sidangdocx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tingkat kebutuhan energi listrik suatu wilayah mencerminkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Semakin besar penggunaan energi listrik maka standar kehidupan masyarakat semakin tinggi, yang diikuti pula oleh adanya sikap kritis masyarakat akan segala sesuatu yang terjadi dan mempengaruh kehidupannya termasuk pelayanan tenaga listrik. Pada umumnya tingkat keandalan suatu jaringan dapat dilihat dari besar kecilnya nilai SAIDI dan SAIFI di pihak PLN. Hasil dari perhitungan dan analisis keandalan pada ULP Lhokseumawe di atas dapat di simpulkan bahwa total nilai indeks SAIFI adalah 2,68 kali/ tahun. Indeks kehandalan SAIFI Rayon Lhokseumawe dikategorikan andal karena nilainya tidak melebihi standar yang ditetapkan PLN pada SPLN 68-2 tahun 1986 yaitu 3.2 kali/tahun. Total nilai indeks SAIDI adalah 45,30 jam/tahun. Indeks kehandalan SAIDI Rayon Lhokseumawe dikategorikan tidak handal karena nilainya melebihi standar yang di tetapkan PLN pada SPLN 68-2 tahun 1986 yaitu 21 jam/tahun. Perbedaan infrastruktur, peralatan listrik dan jumlah pelanggan pada tahun 1986 dengan tahun-tahun sekarang ini tentunya terdapat perbedaan, hal tersebut memberikan pengaruh yang berbeda dengan nilai keandalan listrik seperti SAIDI dan SAIFI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Mirdasil Aslami Mirdasil
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:26
Last Modified: 28 Dec 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item
View Item