Perancangan Pusat Kebudayaan Gayo-Alas Di Banda Aceh (Pendekatan Neo-Vernakular)

Siska Ramayanti, 150701012 (2024) Perancangan Pusat Kebudayaan Gayo-Alas Di Banda Aceh (Pendekatan Neo-Vernakular). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Perancangan Pusat Kebudayaan Gayo-Alas Di Banda Aceh (Pendekatan Neo-Vernakular)] Text (Perancangan Pusat Kebudayaan Gayo-Alas Di Banda Aceh (Pendekatan Neo-Vernakular))
Siska Ramayanti, 150701012, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Tuntutan kualitan pendidikan dalam berbagai bidang pekerjaan, mendorong mahasiswa dari empat kabupaten ini (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo-Lues dan Bener Meriah) untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi di Banda Aceh, sehingga semakin meningkatnya jumlah mahasiswa akan semakin menambah tingkat keragaman budaya Gayo-Alas di Banda Aceh. Maka kebutuhan akan wadah untuk melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Gayo-Alas kepada masyarakat lokal maupun non lokal yang ada di Aceh sangat dibutuhkan. Perancangan Pusat Kebudayaan Gayo-Alas di Banda Aceh ini menggunakan tema Arsitektur Neo-Vernakular dengan pendekatan melalui nilai-nilai budaya Gayo-Alas (Gerak Tari, Ornamen, Bentuk Bangunan, Warna Bangunan dan Lansekap). Dengan penerapan tema ini diharapkan nantinya dapat membentuk wujud bangunan yang bisa mencirikan nilai-nilai kebudayaan Gayo-Alas dan bisa mewadahi seluruh aktivitas kegiatan kesenian dan kebudayaan Gayo-Alas di Banda Aceh. Dari hasil analisa diperoleh konsep-konsep perancangan yang akan diterapkan pada perancangan Pusat Kebudayaan Gayo-Alas yang diharapkan mampu mendukung pendekatan Arsitektur Neo-Vernakuar yang ditampilkan pada perancangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Siska Ramayanti
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:38
Last Modified: 30 Jan 2024 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35173

Actions (login required)

View Item
View Item