Muhammad Lukman, 190205058 (2024) Pengaruh Media pembelajaran Equate Pada Materi Bilangan Bulat di SMP. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Media pembelajaran Equate Pada Materi Bilangan Bulat di SMP]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Lukman, 190205058, FTK, PMT, 081264699811.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang menarik oleh guru matematika, peneliti temuai di SMPN 2 Banda Aceh dikarenakan masih terbatasnya media pembelajaran matematika yang disediakan sekolah, sehingga guru cenderung menggunakan media pembelajaran yang sama yang tentu akan berdampak terhadap hasil belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Equate terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian one group pree test-post test. Populasi siswa kelas VII SMPN 2 Banda Aceh, sedangkan sampel sebanyak 28 orang siswa kelas VII-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Equate terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Banda Aceh. Hal ini ditandai nilat yaitu thitung = 2,28 sedangkan ttabel = 1,70, berarti bahwa thitung > ttabel atau 2,28 > 1,70. Artinya hasil belajar matematika siswa meningkat sebelum dan sesudah menggunakan media Equate pada materi bilangan bulat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 513 Aritmetika > 513.5 Sistem Numerasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Lukman Lukman |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 02:20 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 02:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35519 |