Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 20 Aceh Besar

Shela Kumala Sari, 190202187 (2024) Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 20 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Di MIN 20 Aceh Besar)
Shela Kumala Sari, 190202187, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti, banyak dari siswa kelas 5 A di MIN 20 Aceh Besar, tidak berani untuk berbicara dalam bahasa Arab didepan guru dan teman-temannya karena mereka takut salah ketika berbicara. Dan didalam kelas, siswa tidak bersemangat didalam pembelajaran, karena guru tidak menggunakan metode yang bermacam-macam di dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran keterampilan berbicara. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan metode Make a Match untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Make a Match untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara Dan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan eksperimen (One Group Pre-test and Post-test Design). Peneliti menggunakan pretest posttest dan observasi langsung sebagai metode untuk mengumpulkan data. Adapun hasil penelitian adalah (1) penerapan metode Make a Match efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Hal ini terlihat dari hasil uji T-Test yang menunjukkan tingkat signifikasi (2-tailed) 0,000<0,05. (2) Aktifitas guru dan siswa saat penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran keterampilan berbicara sangat baik. Aktifitas Hasil observasi kegiatan guru sebesar 92,5% dengan nilai sangat baik. Dan hasil observasi kegiatan siswa sebesar 90% dengan nilai yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Shela Kumala Sari
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:48
Last Modified: 29 Feb 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35597

Actions (login required)

View Item
View Item