Pengembangan Kitab “Matan Al- Ajarumiyyah” pada Bab“ Nama yang Dikurangi” Berbasis Peta Konsep

Bahrol Walidain, 190202134 (2023) Pengembangan Kitab “Matan Al- Ajarumiyyah” pada Bab“ Nama yang Dikurangi” Berbasis Peta Konsep. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan, Peta Konsep, Kitab Matan Al- Ajarumiyyah] Text (Pengembangan, Peta Konsep, Kitab Matan Al- Ajarumiyyah)
Bahrol Walidain, 190202134, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Institut Babul Maghfirah merupakan salah satu sekolah di Aceh yang tempat siswanya mempelajari ilmu-ilmu bahasa Arab termasuk tata bahasa yang dipelajarinya dengan menggunakan kitab“ Matan Al-Ajrumiyah”. Setelah mengamati, peneliti menemukan bahwa sebagian besar siswa di dalamnya menghadapi kesulitan dalam mempelajari tata bahasa, terutama pada bagian kata benda yang direduksi, karena mereka tidak mengetahui alasan kata benda yang direduksi dan tidak dapat membedakan bagian-bagian yang berbeda karena mereka tidak menghafal. aturan tata bahasa secara lengkap, yang membuat mereka tidak dapat memahami apa yang dibaca dengan baik. Kebanyakan dari mereka adalah lulusan sekolah negeri dan belum pernah mempelajari tata bahasa Arab sebelumnya. Peneliti merasakan hal itu yang mendasar buku yang digunakan sulit dipahami dan tidak cocok untuk pemula sehingga mereka mungkin merasa bosan dan tidak fokus pada pelajaran yang dipelajari. Tujuan penulisan ini disertasinya adalah untuk mengembangkan buku“ Pelengkap Al-Ajārūmīyah” dalam bab “Nama yang Dikurangi ”dengan Peta Konsep, dan untuk mengidentifikasi validitas pengembangan Kitab “Matan Al- Ajarumiyyah” pada Bab“ Nama yang Dikurangi ” dengan Peta Konsep dalam Pengajaran Tata Bahasa, dan untuk mengidentifikasi efektivitas pengembangan buku“ Pelengkap Al-Ajārūmīyah ”pada Bab“ Nama yang Dikurangi ”dengan Peta Konsep dalam Pengajaran Tata Bahasa. Metode yang digunakan adalah oleh peneliti adalah metode “penelitian dan pengembangan” (research and development)Mengikuti langkah Borg and Gall yang dijelaskan Sugiono dalam buku karyanya, itu adalah proses yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan mengujinya efektivitas produk itu. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan observasi, kuesioner. Adapun hasil penelitian itu adalah dikembangkan oleh peneliti, yaitu pengembangan dari buku teks Al-Ajrumiyah dalam Tata Bahasa menempuh langkah-langkah sebagai berikut: yang pertama adalah definisi, yang meliputi menganalisis siswa dan menganalisis bentuk, yang kedua adalah desain, yang meliputi pengujian bentuk dan perancangan produk, yang ketiga adalah pengembangan, yang meliputi perbaikan produk dan penyempurnaan produk, dan yang keempat adalah penerbitan. produk. Perkembangan buku“ Matan al-Ajārūmīyah dalam Tata Bahasa ”kini menjadi kenyataan untuk digunakan dalam pengajaran tata bahasa, khususnya pada kata benda. Hasil dari dua ahli: Di satu sisi, isi buku yang dikembangkan mencapai 90% dengan penilaian“ Sangat Baik ,”dan di sisi model mencapai 94% dengan penilaian“ Sangat Baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Bahrol Walidin Bahrol
Date Deposited: 08 May 2024 03:01
Last Modified: 08 May 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36510

Actions (login required)

View Item
View Item