Nahri Fazillah, 200202009 (2024) Pengembangan Bahan Bacaan di dalam Buku Bahasa Arab Untuk Kelas Satu MTs Menggunakan Media Booklet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Membaca. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan Bahan Bacaan di dalam Buku Bahasa Arab Untuk Kelas Satu MTs Menggunakan Media Booklet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Membaca.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nahri Fazillah, 200202009, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara, peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Banda Aceh , antara lain yaitu buku Bahasa Arab yang disediakan di sekolah tidak cukup untuk seluruh siswa dan siswa hanya dapat menggunakan buku tersebut pada jam pelajaran saja. Banyak siswa yang kurang mampu membaca teks Bahasa Arab, sehingga memerlukan bahan bacaan yang cukup untuk berlatih membaca. Selain itu, peneliti melihat bahan bacaan yang terdapat di buku Bahasa Arab sedikit. Peneliti berpendapat bahwa buku bahasa Arab layak dirancang dalam bentuk Booklet untuk membantu siswa dalam mempelajari Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan bahan bacaan yang ada di buku Bahasa Arab kelas satu MTs dengan menggunakan media Booklet dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media Booklet serta untuk mengetahui keefektifan bahan bacaan menggunakan Booklet untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model Borg and Gall yang terdiri dari tujuh langkah. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan wawancara langsung, angket, dan tes. Peneliti memilih kelas 1 (6) sebagai sampel dengan jumlah siswa 33 orang. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi produk dari segi isi dan bahasa diperoleh sebesar 50.5 dengan nilai presentase 97.11% dan hasil validasi produk dari segi desain diperoleh sebesar 57.5 dengan nilai presentase 95.83%. hasil respon siswa terhadap media Booklet adalah positif , dan hasil yang diperoleh sebesar 96.05% dengan kategori sangat baik. Hasil uji produk menunjukkan nilai Z diperoleh sebesar 4.448 dengan nilai p value (asymp. Sig 2 tailed) diperoleh 0.001 dan hasil ini kurang dari 0.05 (0.001<0.05). maka hasilnya menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, pengembangan bahan bacaan dalam buku Bahasa Arab kelas satu MTs menggunakan media booklet efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nahri Fazillah |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:24 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36844 |