Fauziaturrahmi, 200202020 (2024) Penerapan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MTsN 1 Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa (Studi Eksperimen di MTsN 1 Banda Aceh)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HASIL SIDANG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Pada observasi pertama di MTsN 1 Banda Aceh, peneliti menemukan bahwa siswa kelas VIII mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam keterampilan membaca. Dimana guru menggunakan buku pelajaran untuk bahan ajar dan alat peraga yang digunakan kurang menarik. Hingga siswa merasa bosan dan menyatakan bahwa bahasa arab itu sulit. Guru hanya terbatas pada penggunaan buku pelajaran dan papan tulis. Oleh karena itu, peneliti ingin menerapkan media Scrapbook untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan penerapan media Scrapbook untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa di MTsN 1 Banda Aceh dan untuk mengidentifikasi aktivitas guru dan siswa dalam pengajaran membaca dengan menggunakan metode Scrapbook. Peneliti memilih metode penelitian eksperimen jenis True Experimental. Dan adapun populasi dalam skripsi ini adalah siswa MTsN kelas II yang berjumlah 417 siswa, dan sampelnya adalah siswa kelas II (9) yang berjumlah 38 siswa, dan kelas II (10) yang berjumlah 38 siswa. Peneliti menggunakan tes dan observasi langsung untuk mengumpulkan data penelitian. Kemudian setelah memberikan soal pre-test dan post-test, peneliti akan menguji hasilnya berupa uji normal, uji homogen, dan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode Scrapbook efektif untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa di MTsN 1 Banda Aceh. Laporan ini terlihat jelas dari uji Mann-Whitney U pada Tabel No. (4-15) bahwa tingkat signifikansi (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil kegiatan guru mendapat penilaian sangat baik karena mendapat hasil sebesar 92,30% hal itu dibuktikan dengan Tabel No.(4-16). Begitu pula pada aktivitas siswa ketika menerapkan metode Scrapbook dalam pembelajaran membaca, peneliti memperoleh nilai sangat baik dengan hasil 85,58%, buktinya terlihat pada Tabel No.(4-17).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fauziaturrahmi Zia |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 02:16 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37201 |