Salsabila, 210202154 (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di SMP Percontohan Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bahasa Arab (Penelitian eksperimen di SMP Percontohan Banda Aceh)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Salsabila, 210202154 , FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Permasalahan dalam proses pengajaran bahasa arab di SMP 19 Percontohan Banda Aceh adalah siswa tidak memahami pembelajaran bahasa arab dengan baik, dan gurunya tidak menggunakan metode atau media pembelajaran yang sesuai dan menarik. Oleh karena itu beberapa dari siswa mereka bermalas- malasan dalam mempelajari bahasa arab karena mereka berpikir bahwa bahasa arab lebih sulit dari bahasa asing lainnya. Adapun tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan jawaban siswa terhadap penggunaan metode Teams Game Tournament dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa kelas VII (B) di SMP 19 Percontohan Banda Aceh. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen dengan One Group Pre- Test, Post- Test Design. Peneliti menggunakan pre- test, post- test, dan angket sebagai metode pengumpulan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Teams Games Tournament efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa arab di SMP 19 Percontohan Banda Aceh. Buktinya hasil Uji Paired Sample T- Test berada pada taraf signifikansi 0,000 Sig. (2-tailed) lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi sebesar 0,05. Respon siswa yang tinggi dalam pembelajaran bahasa arab dengan metode Teams Games Tournament pada siswa kelas VII (B) SMP 19 Percontohan Banda Aceh. Peneliti mengandalkan data yang diperoleh sebesar: 98,07% , dan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Teams Games Tournament positif dalam mempelajari bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Salsabila Caca |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 02:00 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 02:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37412 |