Hanif, 201003071 (2024) Penggunaan Media Scrabble dengan Metode Tadribiyyah untuk Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dengan tata bahasa yang benar pada Pembelajaran Imla’ bagi Siswa MAS Jabal Nur Aceh Utara. Masters thesis, Pascasarjana.
![[thumbnail of Penggunaan Media Scrabble dengan Metode Tadribiyyah untuk Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dengan tata bahasa yang benar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hanif, 201003071, PASCA, PBA, 082277580416.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di MAS Jabal Nur, peneliti menemukan bahwa banyak siswa di MAS Jabal Nur tidak mampu menulis kalimat dengan tata bahasa yang benar dalam pembelajaran imla’.Bahkan sebagian dari mereka hanya sedikit memahami tentang kaidah penulisan yang benar dalam bahasa Arab. Ditambah lagi guru mengajar hanya menggunakan buku pegangan guru, papan tulis dan spidol sebagai media pembelajaran dan tidak menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, serta tidak memperbaiki kesalahan siswa dalam menulis sehingga siswa tidak mengetahui tulisan yang benar. Adapun tujuan penelitian dari tesis ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media Scrabble dengan metode Tadribiyyah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan kalimat dengan tata bahasa yang benar pada pembelajaran Imla’, dan untuk mengetahui respon siswa dalam menggunakan media Scrabble dengan metode Tadribiyyah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Imla’. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah penelitian eksperimen, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes dan angket. Peneliti menemukan bahwa hasil p-value lebih kecil dari taraf signifikansi ( = 0.05) (0.00<0.05), hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Scrabble dengan metode Tadribiyyah efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat dengan tata bahasa yang benar pada pembelajaran Imla’. Adapun hasil respon siswa terhadap penggunaan media Scrabble dengan metode Tadribiyyah dalam pembelajaran Imla’menunjukkan respon yang tinggi dengan hasil rata-rata yaitu: 3,48
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 374 Pendidikan dewasa |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Hanif Hanif |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38043 |