Penerapan Pair Checks Dengan Permainan Mengisi Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis.

Zahrila Ramadhani, 180202205 (2024) Penerapan Pair Checks Dengan Permainan Mengisi Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pair Checks Dengan Permainan Mengisi Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis.] Text (Penerapan Pair Checks Dengan Permainan Mengisi Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis.)
Zahrila Ramadhani, 180202205, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Sebab-sebab yang mendorong peneliti menulis skripsi ini adalah nilai siswa dalam mempelajari Bahasa Arab khususnya pada maharah kitabah di kelas dua MTs Negeri 2 Aceh Besar masih sangat kurang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya metode-metode dan media-media juga latihan menulis yang digunakan oleh guru dikelas, sehingga banyak siswa yang tidak tertarik untuk belajar Bahasa Arab. Siswa melakukan percakapan yang ada dibuku sehingga mereka tidak mampu menulis bahasa arab dengan baik. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode pair checks dengan permainan mengisi kalimat untuk meningkatkan maharah kitabah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas metode Pair Checks dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap maharah kitabah dan respon mereka terhadapnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk one grup pre tes post tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pre tes, post tes dan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Aceh Besar yang berjumlah 225 siswa. Sedangkan sampel kelas VIII 1 yang berjumlahkan 32 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Pair Checks dengan permainan mengisi kalimat dapat meningkatkan kemampuan siswa terhadap maharah kitabah. Dengan data berikut t-tes lebih besar dari t-table yaitu 8,476 lebih besar dari 2,04. Dan respon siswa juga menunjukkan hasil positif terhadap penerapan metode pair checks dengan permainan mengisi kalimat dengan jawaban positif 89,6% dan 10,6% jawaban negative. Hasil ini menunjukkan bahwa 89,6%>10,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zahrila Ramadhani
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:53
Last Modified: 27 Aug 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38331

Actions (login required)

View Item
View Item