Rizka Zahara, 221004002 (2024) Pengembangan Materi Hiwar Dengan media Canva Berdasarkan Teori Gagne Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa MTsS Darul Ihsan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Materi Hiwar Dengan media Canva Berdasarkan Teori Gagne Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa MTsS Darul Ihsan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS DVD RIZKA ZAHARA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Peneliti menemukan bahwa kemampuan berdialog bahasa Arab siswa masih lemah pada materi dialog yaitu adanya beberapa kesalahan pengucapan bunyi yang tidak tepat dan mereka melakukan percakapan di dalam kelas.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan materi dialog menggunakan Canva berdasarkan teori Gagne untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa menggunakan MTsS Darul Ihsan, dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan materi dialog menggunakan Canva berdasarkan teori Gagne untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. kemampuan berbicara menggunakan MTsS Darul Ihsan. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah Sugiyono Research and Development yang terdiri dari 10 langkah. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi langsung, angket, dan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darul Ihsan yang berjumlah 249 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Adapun dari hasil penelitian, pengembangan materi dialog menggunakan Canva berdasarkan teori Gagne mengikuti 10, yaitu kemungkinan dan masalah; Untuk mengumpulkan data, peneliti menyebarkan angket, dan hasilnya 69% siswa membutuhkan sarana pendidikan untuk mempelajari materi dialog, dan 84% siswa sangat ingin belajar menggunakan metode Canva. Desain produksi : Peneliti merancang pembelajaran pada materi dialog pada aplikasi Canva. Produksinya disertifikasi oleh para ahli, dan peneliti menemukan 68% ahli pertama. Peneliti menemukan ahli kedua sebesar 81% dan hasil ini menunjukkan tingkat yang sangat baik. Dan untuk meningkatkan produksi, peneliti melakukan perbaikan sesuai dengan apa yang dikatakan para ahli. Pengalaman produksi, peningkatan produksi, dan pengalaman produksi kelompok besar di MTsS Darul Ihsan bab delapan, peningkatan produksi, dan produk akhir. Hasil yang kedua adalah pengajaran materi dialog menggunakan Canva berdasarkan teori Gagne efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa. Buktinya, hasil tingkat signifikansi (sig) tes diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05. dan hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rizka Zahara Rizka |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 04:15 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 04:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38429 |