Fa'aliyah Tathbiq Thariqah Wadhifah Al-Majmu'ah wa Uslub "STAD" Litarqiyati Qudratul Ath-Thalabah 'Ala Fahmil Maqru' (Dirasah Tajribiyyah Bil 'Amaliyyah bi MTsN 3 Banda Aceh)

Mulia Safira, 221004009 (2024) Fa'aliyah Tathbiq Thariqah Wadhifah Al-Majmu'ah wa Uslub "STAD" Litarqiyati Qudratul Ath-Thalabah 'Ala Fahmil Maqru' (Dirasah Tajribiyyah Bil 'Amaliyyah bi MTsN 3 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Metode “Wadhifah Majmu’ah” dan Model “STAD” untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Pemahaman Teks] Text (Efektivitas Penerapan Metode “Wadhifah Majmu’ah” dan Model “STAD” untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Pemahaman Teks)
Mulia Safira, 221004009, Pasca.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti selama proses belajar mengajar di MTsN 3 Banda Aceh, ketika guru mengajarkan tentang teks, guru hanya menjelaskan tentang teks secara sekilas dan tidak membimbing siswa saat kerja kelompok. Hal ini menyebabkan siswa belum mampu memahami teks dan mengetahui maknanya saat guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan kedepan kelas bersama teman kelompok. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas penerapan metode “Wadhifah Majmu’ah” dengan waktu 30 menit untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks. (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan metode “Wadhifah Majmu’ah” dengan waktu 45 menit untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks. (3) untuk mengetahui efektivitas penerapan model “STAD” dengan waktu 30 menit untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks. dan (4) untuk mengetahui efektivitas penerapan model “STAD” dengan waktu 45 menit untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks. Metodologi penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial (The 2x2 Factorial Design). Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan post-test pada siswa di kelas satu. Adapun hasil yang diperoleh adalah (1) penerapan metode “Wadhifah Majmu’ah” dengan waktu 30 menit efektif dengan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks. (2) penerapan metode “Wadhifah Majmu’ah” dengan waktu 45 menit tidak efektif dengan tingkat signifikansi 0,67 lebih besar dari 0,05 untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks. (3) penerapan model “STAD” dengan waktu 30 menit tidak efektif dengan tingkat signifikansi 0,85 lebih besar dari 0,05 untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks. (4) penerapan model “STAD” dengan waktu 45 menit efektif dengan tingkat signifikansi 0,000, kurang dari 0,05, untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman teks.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode, Model, Ketrampilan Membaca
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mulia safira Fira
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:38
Last Modified: 05 Sep 2024 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38811

Actions (login required)

View Item
View Item