Muhammad Luthfi, 210202163 (2024) Penerapan Metode Sam’iyyah Asy Syafawiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di MIN 7 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Sam’iyyah Asy Syafawiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di MIN 7 Banda Aceh.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Luthfi, 210202163, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Judul skripsi ini adalah “Penerapan Metode Sam’iyyah Asy Syafawiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di MIN 7 Banda Aceh”, peneliti memilih judul ini karena siswa di sekolah ini mempelajari bahasa Arab tetapi mereka masih kurang menguasai bahasa Arab dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan membaca bahasa Arab siswa dan efektivitas metode sam’iyyah asy syafawiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Peneliti dalam penelitian ini didasarkan pada dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data/observasi, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 7 Banda Aceh yang berjumlah 235 siswa. Peneliti memilih sampel untuk penelitian ini adalah siswa kelas V “D” yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data, yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan tes dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa awal kemampuan Siswa dalam membaca pada saat Pra Siklus mencapai ketuntasan 20% dengan rata-rata 51.83%, kemudian setelah adanya Siklus I mecapai hasil 60 % Dengan rata-rata 71.09%. Kemudian pada Siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 30 siswa, 25 siswa mencapai nilai di atas KKM yaitu 83% dengan rata-rata 82.01% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan rata-rata 17%. Melalui penerapan Metode Sam’iyah Asy Syafawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab, kemampuan membaca siswa kelas 5D di MIN 7 Banda Aceh Meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Luthfi |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:49 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38838 |