Mauliza, 221004008 (2024) Pengembangan Materi Keterampilan Membaca dengan Media Komik di Sekolah Nurul Fikri Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Materi Keterampilan Membaca dengan Media Komik di Sekolah Nurul Fikri Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MAULIZA-PASCASARJANA PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti data yang menunjukan bahwa para siswa tidak mampu memahami teks bacaan bahasa Arab di dalam buku dan guru tidak menggunakan media kecuali buku panduan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan materi keterampilan membaca menggunakan media Komik dan Mengetahui Keefektifan Media Komik yang dikembangan untuk materi keterampilan membaca di Sekolah Nurul Fikri Aceh. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Sugiyono yang terdiri dari sepuluh langkah. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan observasi, wawancara, angket, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua di Sekolah Nurul Fikri Aceh berjumlah 44 orang, dan sampelnya adalah siswa kelas dua “B” yang berjumlah 22 siswa. Pemilihan Sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini memiliki dua hasil, yang pertama adalah pengembangan materi keterampilan membaca dengan media komik dilakukan melalui langkah-langkah berikut: potensi dan masalah, pengumpulan data pada tahap ini penenelitian menggunakan angket dan hasil dari angket tersebut bahwa 100% siswa membutuhkan media komik, desain produk menggunakan Pixton App, validasi produk dengan para ahli yang memperoleh nilai 74,44% dari ahli pertama dan 93.33% dari ahli kedua, hal tersebut menunjukkan bahwa komik yang dikembangkan sesuai digunakan dalam pembelajaran qiraah, perbaikan produk pada tahap ini peneliti melakukan penambahan percakapan pada judul mengunjungi orang sakit dan menambahkan kosakata, uji coba produk, perbaikan produk, uji coba produk dalam kelompok besar yang dilakukan di sekolah Nurul fikri Aceh pada kelas dua, perbaikan produk dan produk akhir. Adapun hasil penelitian kedua adalah ujicoba produk yang memperolah hasil bahwa pembelajaran qiraah menggunakan komik yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t Sig. (2-tailed) < 0.001 lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mauliza Mauli |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:43 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38876 |