Intan Qarina Fauzia, 200202057 (2024) Penggunaan Media Papan Saku Dalam Pembelajaran Na’at Dan Man’ut. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Media Papan Saku Dalam Pembelajaran Na’at Dan Man’ut]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Intan Qarina Fauzia, 200202057, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Hasil observasi pertama di MAS Babun Najah Banda Aceh menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami Bahasa Arab, terutama tentang qaidah na'at dan man'ut. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa guru tidak menggunakan media yang tepat untuk mengajar Bahasa Arab dan hanya bergantung pada buku paket. Akibatnya, banyak siswa mengalami bosan dan malas selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru dan siswa menggunakan media papan saku selama proses pembelajaran na’at dan man’ut. Tujuan lain adalah untuk mengetahui seberapa efektif media papan saku dalam pembelajaran na’at dan man’ut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Penelitian ini mencakup semua siswa Aliyah MAS Babun Najah Banda Aceh, yang berjumlah 460 orang, dan sampelnya terdiri dari 20 siswa kelas 2(1) Aliyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan papan saku dalam pembelajaran na'at dan man'ut sangat efektif. Kegiatan guru dan siswa memperoleh nilai yang luar biasa yang hasilnya mencapai 90% pada lembar observasi guru dan 90% untuk lembar observasi siswa, dengan tingkat signifikansi (Asympt. Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa penggunaan papan saku sangat efektif dalam pembelajaran na'at dan man'ut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Intan Qarina Fauzia |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:37 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38898 |