Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dengan Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Membaca Siswa Kelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil

Darhayati Chaniago, 200209137 (2024) Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dengan Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Membaca Siswa Kelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dengan Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Membaca Siswa Kelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil] Text (Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dengan Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Membaca Siswa Kelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil)
Darhayati Chaniago (200209137).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan minat membaca siswa dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya ketersediaan bahan bacaan yang menarik dan relevan untuk siswa. Selain itu, metode pengajaran yang kurang interaktif dan tidak berpusat pada kebutuhan siswa juga dapat membuat hasil belajar dan minat membaca siswa berkurang. Hal ini pada akhirnya berdampak pada pencapaian akademis yang rendah dan kurangnya minat membaca siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil didapatkan hasil belajar dan minat membaca siswa rendah. Dalam upaya peningkatan hasil belajar dan minat membaca siswa agar lebih baik maka peneliti ingin menggunakan media buku cerita bergambar dengan model team games tournament di kelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajan dengan menerapkan model team games tournament dikelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil, dan untuk mengetahui hasil belajar dan minat membaca siswa kelas IV UPTD SPF SDN Pandan Sari Aceh Singkil dengan menerapkan media buku cerita bergambar dengan model team games tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar soal tes, dan angket minat membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran melalui penggunaan media buku cerita bergambar dengan model team games tournament pada siklus I dengan skor 94,7%, sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 99,2%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 95,2%, sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 98,8%. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan skor 72,22%, sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 88,88%. Angket minat membaca siswa pada siklus I dengan skor 66%, sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 85%. Berdasarkan hasil penilitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media buku cerita bergambar dengan model team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan minat membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia)
Depositing User: Darhayati Chaniago Darhayati
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:39
Last Modified: 23 Sep 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39175

Actions (login required)

View Item
View Item