M Zahron Amar, 200202168 (2024) Penerapan Strategi Exampel Non Exampel Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Murid Pada Mata Pelajaran Insya' Untuk Murid Kelas III Pondok Pesantren Al-Manar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Strategi Exampel Non Exampel Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Murid Pada Mata Pelajaran Insya' Untuk Murid Kelas III Pondok Pesantren Al-Manar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
M Zahron Amar, 200202168, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di Pondok Pesantren Al-Manar, peneliti melihat guru bahasa arab tidak menggunakan media belajar, guru menggunakan metode intiqaiyyah, dan guru berusaha keras untuk mengajar bahasa arab dengan baik, namun murid merasa bosan. dan tidak mau mempelajari bahasa arab, terutama dalam pembelajaran insya', dan hal tersebut menjadikan siswa tidak memahami mata pelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu, peneliti ingin menerapkan strategi Example Non Example untuk meningkatkan prestasi akademik siswa pada mata pelajaran ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana penerapan strategi Example Non-Example di Pondok Pesantren Al-Manar dan mengungkap peningkatan hasil akademik santri dengan penerapan strategi Example Non-Example pada mata pelajaran inya' di Al-Manar. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan dua tes dan observasi. Peneliti memilih kelas III (A) sebagai sampel penelitian yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi example non example efektif dalam meningkatkan prestasi akademik murid mata pelajaran insya' di Pondok Pesantren Al-Manar. Hasil posttest sebesar 84,37 lebih besar dibandingkan dengan hasil pretest sebesar 26,54. Pengujian tersebut memperoleh nilai T-test sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Dan dengan menerapkan metode ini dalam proses belajar mengajar, hasil guru mencapai 95% dengan nilai sangat baik. Hasil siswa sebesar 90,62% dengan nilai sangat baik..
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | M Zahron Amar |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:30 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:30 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39216 |