Penggunaan Permainan Menyusun Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Siswa di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh.

Miftahul Jannah, 190202074 (2024) Penggunaan Permainan Menyusun Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Siswa di Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penggunaan, Index Card Match, Maharah Qiraah] Text (Penggunaan, Index Card Match, Maharah Qiraah)
Miftahul Jannah, 190202074, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Darul ‘Ulum adalah pondok pesantren yang terletak di Jambotape. Berdasarkan pengamatan pertama yang dilakukan oleh peneliti, peneliti mendapatkan bahwa guru- guru bahasa arab di Dayah modern Darul Ulum belum menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajarannya. Akan tetapi guru-guru di Dayah ini hanya menggunakan metode ceramah. Dan peneliti juga melihat bahwa santri di Dayah Modern Darul Ulum ini belum bisa membaca teks Bahasa Arab dengan bacaan yang benar dan mereka tidak mengerti isi bacaan teks yang telah mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa pada saat penggunaan Permainan Menyusun Cerita dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Permainan Menyusun Cerita untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di Dayah Darul ‘Ulum Banda Aceh tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain (One Group Pre-Test Post Test Design). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-tes, post-tes dan observasi langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Dayah Modern Darul ‘Ulum Banda Aceh Tahun Ajaran 2024-2025 yang berjumlah 857 siswa. Dan adapun sampelnya berjumlah 32 santriwati dikelas 2-B. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan Permainan Menyusun Cerita dalam pembelajaran maharah qiraah sangat baik, hal ini ditunjukkan dari hasil observasi langsung kegiatan aktifitas siswa adalah 92%. Penggunaan Permainan Menyusun Cerita ini juga dapat berpengaruh pada kemampuan membaca siswa, dilihat berdasarkan nilai pre test dan postest yang dihasilkan siswa dengan tingkat sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwasanya penggunaan Permainan Menyusun Cerita berpengaruh dapat meningkatkan kemampuan maharah qiraah santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miftahul Jannah Miftah
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:53
Last Modified: 01 Oct 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39363

Actions (login required)

View Item
View Item