Gamifikasi Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Platform Moodle Dengan Menggunakan Plugin Realtime

Tasya Azzuhra, 190705093 (2024) Gamifikasi Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Platform Moodle Dengan Menggunakan Plugin Realtime. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Gamifikasi Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Platform Moodle Dengan Menggunakan Plugin Realtime] Text (Gamifikasi Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Platform Moodle Dengan Menggunakan Plugin Realtime)
moodle lengkap upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dunia pendidikan saat ini sedang mengubah proses pembelajaran dari konvensional menjadi inovatif dengan memanfaatkan e-learning sebagai salah satu media pembelajaran. Pengembangan sistem e-learning seperti Learning Management System (LMS) dapat menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Program Studi Teknologi Informasi telah menggunakan Moodle sebagai platform media pembelajaran baru yang memberikan pengalaman belajar yang adaptif. Akan tetapi, proses pembelajaran pada platform tersebut masih seringkali membuat para mahasiswa merasa jenuh dan bosan. Oleh karena itu, pada penelitian ini platform Moodle dikembangkan menggunakan gamifikasi untuk meningkatkan pengalaman belajar yang menarik. Metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem media pembelajaran berbasis gamifikasi adalah metode Addie. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Jumlah data yang digunakan sebanyak 142 orang dari 220 orang dengan menggunakan stratified random sampling untuk mencari jumlah orang dari setiap unit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran yang terdiri dari tiga aspek pengujian. Perolehan nilai tertinggi terdapat pada aspek kualitas isi dengan persentase sebesar 83,9% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan perolehan persentase terendah terdapat pada aspek tampilan visual sebesar 80,5% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Tasya Azzuhra Tasya
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:01
Last Modified: 17 Oct 2024 02:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39838

Actions (login required)

View Item
View Item