Mufidatul Muna, 200205004 (2024) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Materi Trigonometri di SMA/MA. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of E-LKPD Interaktif, Problem Based Learning, Trigonometri]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mufidatul Muna, 200205004, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (17MB)
Abstract
Ketersediaan E-LKPD berbasis problem based learning (PBL) masih sangat sedikit, selama ini dalam proses pembelajaran peserta didik masih menggunakan LKPD berbentuk lembaran-lembaran yang berisikan soal-soal untuk dikerjakan. Namun seiring berkembangnya zaman teknologi yang berkembang semakin pesat, sehingga dibutuhkan terobosan baru berupa lembar kerja peserta didik yang berisikan tahapan-tahapan peserta didik dalam memecahkan masalah dengan menggunakan teknologi digital. Maka dibutuhkan media pembelajaran berupa E- LKPD berbentuk digital untuk menuntun siswa dalam memahami materi yang dibelajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E- LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Trigonometri di SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 3 Aceh Besar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar kepraktisan oleh guru, dan lembar kepraktisan oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Trigonometri di SMA/MA. Hasil kevalidan dari segi materi memiliki tingkat persentase kelayakan 96.08% dengan kategori “sangat valid” dan kevalidan dari segi media memiliki tingkat kelayakan 90.58% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan oleh guru adalah 94.23% dengan kategori “sangat praktis” dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik adalah 88.30% dengan kategori “sangat praktis”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Trigonometri di SMA/MA yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufidatul Muna Muna |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:35 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:35 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39975 |