Penggunaan Media Video pada pembelajaran pengucapan Huruf Hijaiyyah Studi eksperimen di Min Sabang

Hani Mauizah Hasanah, 200202167 (2024) Penggunaan Media Video pada pembelajaran pengucapan Huruf Hijaiyyah Studi eksperimen di Min Sabang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Media Video, Huruf HIjaiyyah] Text (Media Video, Huruf HIjaiyyah)
Hani Mauizah Hasanah, 200202167, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Topik penelitian ini adalah: Menggunakan media video untuk mempelajari pengucapan alfabet, studi eksperimental di Min Sabang. Alasan yang mendorong peneliti untuk menguji topik tersebut adalah karena peneliti menemukan sekolah dasar tersebut bermasalah. Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Min Sabang kelas 2 (B) adalah guru mengajari siswa huruf latin dalam bahasa Arab. soal tanpa menggunakan teks arab sehingga siswa tidak mampu membaca teks arab tersebut. dan ini menjadi masalah besar karena dalam belajar bahasa arab siswa harus bisa membaca teks bahasa arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dalam pembelajaran pengucapan huruf Hijaiyyah di Min Sabang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain group pre-test and post-test. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan observasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 di Min Sabang. Sampel yang diambil peneliti adalah kelas 2 (B) yang berjumlah 28 siswa. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam penguasaan huruf hijaiyyah. Hal ini terlihat dari hasil uji Wilcoxon dengan nilai p/sing (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Sedangkan hasil respon siswa terhadap penerapan media video dalam pembelajaran pengucapan huruf Hijaiyyah di Min Sabang sebesar 89,9% menunjukkan respon antara 81-100% dengan kategori sangat baik.Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre dan post test serta observasi langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 B Min Sabang. Sampel yang peneliti ambil adalah Semester 2 (B) yang berjumlah 28 mahasiswa. Peneliti mengandalkan hasil Wilcoxon Sigh Rank Test dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode video efektif untuk mengembangkan kemampuan melafalkan huruf abjad siswa pada Semester 2 (b) Min Sabang, diperoleh hasil tingkat signifikansi (2-tailed)sig. 0,000, lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Adapun hasil kegiatan sekolah dan siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode video dalam pembelajaran pengucapan huruf abjad sangat baik, berdasarkan hasil yang diperoleh: 90%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hani Mauizah Hasanah Hani
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:36
Last Modified: 29 Oct 2024 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39976

Actions (login required)

View Item
View Item