Rochyan Martua Daulay, 190202033 (2024) Penerapan Metode Intiqaiyyah Dalam Pengajaran Tata Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Intiqaiyyah Dalam Pengajaran Tata Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rochyan Martua Daulay, 190202033, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membaca teks-teks Arab, yang membuat siswa tidak terlalu aktif dalam mempelajari tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegiatan penerapan metode selektif dalam pengajaran tata bahasa dan untuk mengetahui efektivitasnya terhadap keterampilan membaca teks Arab di Peasntren Darul Ulum. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimental. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan observasi langsung. Populasi penelitian terdiri dari semua siswa kelas sepuluh di Institut Darul Ulum di Banda Aceh, yang berjumlah 124 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa dari kelas "C". Uji Wilcoxon digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil dari Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pengajaran tata bahasa menggunakan metode selektif efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di Institut Darul Ulum dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil aktivitas guru adalah 85, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut berada di antara 81-100 dengan penilaian "sangat baik". Hasil aktivitas siswa adalah 87,5, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut berada di antara 81-100 dengan penilaian "sangat baik".
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rochyan Martua Daulay |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:09 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:09 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39984 |