Mia Rienza, 190202183 (2024) Analisis Faktor Kesulitan Pada Pembelajaran Maharah Kitabah Di MTsS Darul ‘Ulum. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Analisis Faktor Kesulitan Pada Pembelajaran Maharah Kitabah Di MTsS Darul ‘Ulum]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mia Rienza, 190202183, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam mempelajari keterampilan menulis bahasa Arab di MTsS Darul ‘Ulum. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, ditemukan bahwa kurangnya kosakata merupakan hambatan utama dalam menulis, yang juga mempengaruhi keterampilan lain seperti mendengarkan. Sebagian besar siswa merasa kesulitan menulis dalam bahasa Arab (53,33% setuju dan 26,67% sangat setuju) dan percaya bahwa keterbatasan kosakata mereka menjadi kendala (93,33% setuju). Tantangan lain yang mereka hadapi termasuk kesulitan dalam menulis huruf Arab (66,67% setuju), membedakan antara huruf yang terhubung dan terpisah (40% setuju), dan menghasilkan ide di awal menulis (83,33% setuju). Selain itu, 86,67% siswa mengakui bahwa mereka tidak memahami aturan tata bahasa Arab. Guru juga memberikan bimbingan dan mengoreksi kesalahan langsung di kelas, menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran. Namun, tantangan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa tetap tinggi, sehingga diperlukan penggunaan metode pengajaran yang lebih efektif dan menarik untuk mengatasi hambatan-hambatan ini..
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mia Rienza |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:24 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40032 |