Peran Guru PAI dalam Menerapkan Sekolah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal di SD Islam Terpadu Kota Lhokseumawe

Cut Intan Hayati, 29173654 (2024) Peran Guru PAI dalam Menerapkan Sekolah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal di SD Islam Terpadu Kota Lhokseumawe. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran  Guru  PAI dalam  Menerapkan Sekolah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal di SD Islam Terpadu Kota Lhokseumawe] Text (Peran Guru PAI dalam Menerapkan Sekolah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal di SD Islam Terpadu Kota Lhokseumawe)
tesis full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Siswa kerap menghadapi berbagai ancaman dan diperlukan peran guru untuk melindungi siswa dari ancaman itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan Sekolah Ramah Anak (SRA) berbasis kearifan lokal di SD Islam Terpadu Kota Lhokseumawe dengan menekankan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam implementasinya. Lokasi penelitian di SD Islam Terpadu Bunayya, SD IT Al-Markazul Islami, dan SD Swasta Islam Terpadu Ulumuddin. Beberapa teori digunakan diantaranya teori child friendly schools framework, teori Syed M. Naquib al- Attas, dan teori Clifford Geertz. Ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan informasi dari guru PAI dengan informan pendukung meliputi kepala sekolah, siswa, orang tua siswa, staf dan tenaga pendidik lainnya, psikolog, ahli pendidikan, dan unsur lokal. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SRA di ketiga sekolah menunjukkan komitmen pada kebijakan inklusif yang mendukung keberagaman siswa. Fasilitas yang memadai dan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran menciptakan lingkungan belajar kondusif. Keterlibatan orang tua dan masyarakat menjadi kunci dalam mendukung prinsip-prinsip SRA. Kearifan lokal, seperti
gotong royong dan rasa kebersamaan, memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas SRA. Guru PAI memegang peran strategis dalam membimbing dan melaksanakan SRA dengan mengintegrasikan kearifan lokal. Mereka membantu membentuk karakter siswa melalui pengajaran nilai-nilai keislaman dan prinsip- prinsip kearifan lokal. Integritas guru PAI dalam mengajarkan cinta lingkungan dan membimbing dimensi spiritualitas siswa menguatkan identitas siswa dengan lingkungan sekitar. Implementasi SRA berbasis kearifan lokal di ketiga sekolah menunjukkan integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari sekolah. Guru PAI menjadi pemimpin dalam mengarahkan kegiatan keagamaan, mengajarkan nilai-nilai seni dan sejarah, serta menekankan pentingnya gotong royong. Keterlibatan orang tua, terutama melalui kegiatan Uroe Peukan, memberikan dampak positif terhadap terciptanya lingkungan pendidikan yang holistik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Intan Hayati Intan
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:35
Last Modified: 23 Dec 2024 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40482

Actions (login required)

View Item
View Item