Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 di TK Dharma Wanita Labuhan Haji Barat

Khairiatul Nurwanti, 200210007 (2024) Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 di TK Dharma Wanita Labuhan Haji Barat. Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 di TK Dharma Wanita Labuhan Haji Barat, 5 (2): 2. pp. 1-12. ISSN 2716-0572

[thumbnail of Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 di TK Dharma Wanita Labuhan Haji Barat] Text (Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 di TK Dharma Wanita Labuhan Haji Barat)
Khairiatul Nurwanti (200210007).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran adalah bagian dari implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang intensitas, keunggulan serta kelemahan penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran di TK Dharma Wanita Labuhan Haji Barat. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Langkah-langkah Teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles dan Huberman yaitu; Reduksi data (data mentah yang telah dikumpulkan dari hasil observasi, dan wawancara), Display data (penyajian data), Trigulasi dan Kesimpulan.Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu 31 anak dan 2 orang guru dengan tujuan kelas yang menggunakan bahasa daerah. Data yang dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara terstruktur dengan guru-guru di TK tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran sering digunakan dikelas B. Keunggulan penggunaan Bahasa daerah dalam pembelajaran anak-anak mudah memahami materi. Adapun kelemahan penggunaan Bahasa daerah dalam pembelajaran sebagian kecil anak- anak yang tidak bisa menggunakan Bahasa daerah kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka oleh karena itu, Bahasa daerah efektif digunakan dalam pembelajaran karena sebagain besar anak-anak lebih paham dengan Bahasa daerah sebagai Bahasa penagantar dalam pembelajaran. Jadi, dapat dipahami bahwa penggunaan bahasa daerah ini memiliki dampak positif terhadap pemahaman dan keterlibatan anak-anak dalam pembelajaran, serta memperkuat identitas budaya mereka.

Item Type: Article
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Khairiatul Nurwanti Atul
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:34
Last Modified: 24 Dec 2024 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40500

Actions (login required)

View Item
View Item