Taṣmīm Al-Māddah Al-Ta‘Līmīyyah Bi E-Cerita Bergambar Fī Tadrīs Al-Qirā’ah

Putri Nanda Mahira, 210202037 (2025) Taṣmīm Al-Māddah Al-Ta‘Līmīyyah Bi E-Cerita Bergambar Fī Tadrīs Al-Qirā’ah. Taṣmīm Al-Māddah Al-Ta‘Līmīyyah Bi E-Cerita Bergambar Fī Tadrīs Al-Qirā’ah, 4: 52. pp. 1-52.

[thumbnail of Taṣmīm Al-Māddah Al-Ta‘Līmīyyah Bi E-Cerita Bergambar Fī Tadrīs Al-Qirā’ah] Text (Taṣmīm Al-Māddah Al-Ta‘Līmīyyah Bi E-Cerita Bergambar Fī Tadrīs Al-Qirā’ah)
Putri Nanda Mahira, 21020203, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan design e-cerita bergambar sebagai bahan ajar inovatif guna untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab untuk tingkat MTs. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan 4 langkah (analisis masalah dan kebutuhan, desain, evaluasi, dan distribusi). Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Subjek pada penelitian ini melibatkan guru dan 4 pakar ahli. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis masalah dan kebutuhan pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media berbasis elektronik dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil desain e-cerita bergambar telah menghasilkan produk bahan ajar yang memuat materi pembelajaran bahasa Arab dengan tema “Ashabul Fil” yang interaktif, kontekstual, dan menarik. Hasil penilaian para pakar terhadap desain e-cerita bergambar bahasa Arab dari aspek isi dan bahasa berada pada kategori sangat layak, dan dari aspek desain juga berada pada kategori sangat layak, sehingga e-cerita bergambar yang didesain dinyatakan layak digunakan. Penilaian guru terhadap desain e-cerita bergambar berada pada kategori sangat layak, sehingga dapat dinyatakan bahwa produk ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil desain e-cerita bergambar tersebut menggunakan hyperlink dan dipulikasikan dengan cara dibagikan kepada guru bahasa Arab. Dengan demikian, desain e-cerita bergambar yang telah dirancang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab di jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Item Type: Article
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Nanda Mahira
Date Deposited: 03 Jan 2025 03:11
Last Modified: 03 Jan 2025 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40595

Actions (login required)

View Item
View Item