Ahya Dita Satiarmia Limbong, 210202016 (2025) Menggunakan Metode Audio Lingual Dengan Bantuan Media Misk Untuk Meningkatkan Kemampuan Istima' Di MIN 11 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Menggunakan Metode Audio Lingual Dengan Bantuan Media Misk Untuk Meningkatkan Kemampuan Istima' Di MIN 11 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ahya Dita Satiarmia Limbong, 210202016, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Peneliti menemukan beberapa masalah dalam pengajaran bahasa Arab di MIN 11 Banda Aceh, banyak siswa tidak dapat memahami kosakata dan struktur bahasa Arab secara efektif melalui menyimak, yang mengarah pada hasil belajar yang rendah, dan guru tidak menggunakan media dan teknologi untuk mengajarkan keterampilan istima'. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin menyelidiki penggunaan metode audio lingual dengan bantuan media MiSK untuk meningkatkan kemampuan istima' di MIN 11 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Auditori dan Oral dibantu dengan media MiSK untuk meningkatkan kemampuan istima' di MIN 11 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimental dan peneliti memilih desain eksperimen semu (quasi eksperiment). Alat penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 11 Banda Aceh kelas 1 yang berjumlah 120 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel siswa kelas 1 (1) dan kelas 1 (2) di MIN 11 Banda Aceh. Kelas 1 (1) sebagai kelas eksperimen dan kelas 1 (2) sebagai kelas kontrol sehingga total sampel adalah 50 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode audio Lingual dengan bantuan media MISK efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak di MIN 11 Banda Aceh. Uji Independent Samples T-test dengan menggunakan program SPSS Stastistik diperoleh tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) (0,000 lebih kecil dari 0,05), menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode auditori dan oral dengan bantuan media MiSK cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa arab, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menyimak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ahya Dita Satiarmia Limbong |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:43 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40618 |