Penggunaan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Bacaan Di SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh

Maghfirah, 210202056 (2025) Penggunaan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Bacaan Di SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Bacaan Di SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Bacaan Di SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh)
Maghfirah, 210202056, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SMP Islam Al-Azhar Cairo, pembelajaran digital telah diterapkan melalui penggunaan perangkat iPad oleh setiap siswa dan penyediaan proyektor di setiap kelas untuk mendukung proses pembelajaran. Namun, hingga saat ini, peneliti melihat bahwa siswa kurang antusias karena mereka mengalami kesulitan dalam memahami bacaan. Selain itu, siswa merasa bosan karena mereka harus memahami makna keseluruhan teks untuk memahaminya. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti mencoba menggunakan media Flipbook untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan.
Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain pra-eksperimen (Pre-Experimental Design) jenis desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 7 di SMP Islam Al-Azhar Cairo yang berjumlah 75 siswa. Penelitian dilakukan di kelas 8-3 yang terdiri dari 22 siswa. Setelah melakukan tes awal dan tes akhir, data dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil tes awal menunjukkan rata-rata 45, sedangkan tes akhir rata-rata 87. Peneliti menemukan bahwa setelah menggunakan media Flipbook, kemampuan siswa dalam memahami bacaan meningkat secara signifikan. Pada tingkat signifikansi (2-tailed), hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig sebesar 0,00, yang lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maghfirah Maghfirah
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:37
Last Modified: 09 Jan 2025 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40793

Actions (login required)

View Item
View Item