Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Model PBL

Ghina Raihan, 210202236 (2025) Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Model PBL. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Model PBL] Text (Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Model PBL)
Ghina Raihan, 210202236, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Upaya guru dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 MTsN 2 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi upaya guru dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan model pembelajaran PBL. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa guru telah melakukan beberapa upaya untuk melibatkan siswa dan Keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa arab dengan model pembelajaran PBL sudah baik. Hal ini terlihat dari siswa dan guru yang mampu memenuhi beberapa aspek indikator keterlibatan. Upaya guru dilihat dari guru membuat perbandingan pertanyaan, mendeskripsikan dan klarifikasi jawaban siswa. Guru juga berupaya menggunakan model pembelajaran PBL. Keterlibatan siswa dilihat dari cara siswa bekerjasama dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ghina Raihan
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:15
Last Modified: 13 Jan 2025 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40891

Actions (login required)

View Item
View Item