Welda Farhani, 210202046 (2025) Penerapan Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimental di Dayah Insan Qurani). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Weldan Farhani, 210202046 (2024).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Weldan Farhani, 210202046 (2024).pdf
Download (2MB)
Abstract
Masalah dalam pembelajaran membaca di kelas delapan (E) Dayah Insan Qurani adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap metode ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan One Group Pre-Test Post- Test Design dan peneliti menggunakan pre-test, post-test dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil yang diperoleh peneliti adalah penerapan metode SQ3R efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan teks bahasa Arab, dan hasil dari Paired Sample T- Test menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, yang mengarah pada hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Adapun respon siswa terhadap penggunaan metode ini positif, dibuktikan dengan hasil persentase yang mecapai 85,4%, yang merupakan nilai yang sangat baik.
Kata kunci: Metode SQ3R, membaca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 900 Geography and History > 907 Pendidikan, Penelitian, Topik yang berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Welda Farhani |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:50 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40918 |