Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode SAVICOM Berdasarkan Pendekatan Komunikatif dan SAVI terhadap Siswa Kelas IX (Penelitian Pengembangan di sekolah MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar)

Khaira Fikriah, 221004032 (2025) Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode SAVICOM Berdasarkan Pendekatan Komunikatif dan SAVI terhadap Siswa Kelas IX (Penelitian Pengembangan di sekolah MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode] Text (Membahas tentang metode)
Khaira Fikriah, 221004032, PPs, PBA, 085270820844.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Bedasarkan observasi awal, peneliti menemukan bahwa banyak siswa masih menghadapi kesulitan dalam berbicara bahasa Arab dengan lancar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode pengajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara yang kurang efektif dan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan keterampilan berbicara menggunakan metode SAVICOM yang berbasis pada pendekatan komunikatif dan SAVI. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan metode SAVICOM yang berbasis pada pendekatan komunikatif dan SAVI dalam pengajaran keterampilan berbicara. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model Sugiyono. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsS Oemar Diyan Aceh Besar tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 453 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah metode Simple Random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas 3 yang terdiri dari kelompok kecil dan besar, kelompok kecil mencakup kelas eksperiment dan control yang berjumlah 60 siswa, peneliti memilih kelas eksperimen secara acak, yang terdiri dari 30 siswa, dengan 6 siswa di setiap kelas, dan memilih kelas kontrol secara acak yang terdiri dari 30 siswa dengan 6 siswa di setiap kelas. Dan menerapkan metode ini pada kelompok besar yaitu seluruh siswa kelas 3 yang berjumlah 150 siswa. Hasil evaluasi oleh ahli pakar pertama dan kedua menunjukkan nilai 91%, yang berada dalam rentang 81-100 dengan kategori sangat baik. Penggunaan metode SAVICOM berbasis pendekatan komunikatif efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dengan hasil signifikansi (sig. (2-tailed)) sebesar 0,00, yang lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khaira Fikriah
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:42
Last Modified: 14 Jan 2025 04:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41041

Actions (login required)

View Item
View Item