Putri Mabrurah, 200209126 (2025) Pengaruh Metode Buzz Group Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air Siswa Kelas V MIN 1 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Metode Buzz Group Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air Siswa Kelas V MIN 1 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bismillah Skripsi Putri Mabrurah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
![[thumbnail of Pengaruh Metode Buzz Group Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air Siswa Kelas V MIN 1 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bismillah Skripsi Putri Mabrurah - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Salah satu faktor rendahnya hasil belajar disebabkan oleh sarana dalam penyampaian materi. Penggunaan media dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi sehingga berdampak pada pemahaman konsep. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengunaan metode Buzz Group berbantuan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar materi siklus air kelas V MIN 1 Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design jenis Intact Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas Va yang berjumlah 25 orang dan kelas Vb yang berjumlah 23 orang, dan dengan tes dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan test, analisis data hasil belajar dilakukan dengan uji statistik berbantuan SPSS 20 (taraf signifikan 0,050) dan analisis respon menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelompok kontrol 89,58% dan eksperimen 90,8% dapat dilihat pada pemahaman uji Independent Sample T-Test yang memperoleh nilai thitung < ttabel, sehingga analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Buzz Group berbantuan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar materi siklus air kelas V MIN 1 Aceh Besar dan analisis data respon siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan metode Buzz Group dan media Pop-Up Book termasuk kategori sangat baik yaitu mencapai 0,8958%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Putri Mabrurah Putri |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:06 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41048 |