Ipak Ruhmarita, 200209067 (2025) Penerapan Model Word Square Dengan Menggunakan Media Kartu Truth Or Dare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV MIN 16 Bener Meriah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Word Square Dengan Menggunakan Media Kartu Truth Or Dare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV MIN 16 Bener Meriah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IPAK acc setelah sidang 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Word Square Dengan Menggunakan Media Kartu Truth Or Dare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV MIN 16 Bener Meriah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IPAK acc setelah sidang 2 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan dikelas IV MIN 16 Bener Meriah penulis menemukan permasalahan yang mana penggunaan model dalam proses pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa kurang memahami materi, khususnya pada pembelajaran PKn. Hasil ini relevan dilakukan oleh peneliti Brili Herwandanu, dkk bahwa penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran word square dengan menggunakan media kartu truth or dare pada pembelajaran PKn kelas IV MIN 16 Bener Meriah? Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran word square dengan menggunakan media kartu truth or dare pada pembelajaran PKn kelas IV MIN 16 Bener Meriah? Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran word square dengan menggunakan media kartu truth or dare pada pembelajaran PKn kelas IV MIN 16 Bener Meriah?. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk menganalisis aktivitas guru, siswa, dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran word square dengan menggunakan media kartu truth or dare pada pembelajaran PKn kelas IV MIN 16 Bener Meriah. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 4 tahapan rancangan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru menunjukkan hasil penghitungan klasikan pada siklus I 76,13% dan pada siklus II 92,04%, aktivitas siswa menunjukkan hasil pada siklus I 69,31% dan pada siklus II 94,31%, hasil belajar siswa menunjukkan hasil pada siklus I 55,55% dan ada siklus II 83,33%. Kesimpulan penelitian ini dengan model Word Squere berbantuan media kartu Truth Or Dare aktivitas guru mengalami perubahan kenaikan sejumlah 15,91%, aktivitas siswa sejumlah 25% dan hasil belajar siswa meningkat sejumlah 27,78% artinya model Word Squere berbantuan media kartu Truth Or Dare dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ipak Ruhmarita Ipak |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:44 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41156 |