Putri Rahmah, 210202042 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Penguasaan Kosakata “Penelitian Eksperimen Di MIN 13 Aceh Besar”. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Penguasaan Kosakata “Penelitian Eksperimen Di MIN 13 Aceh Besar”]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Rahmah, 210202042, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran kosakata di MIN 13 Aceh Besar adalah pembelajaran kosakata di sana yang hanya mengandalkan buku teks membuat siswa di MIN 13 Aceh Besar merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar kosakata bahasa Arab, sehingga mereka beranggapan bahwa belajar bahasa Arab itu sulit dan membosankan. Mereka bahkan memberikan kesan tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar dan sibuk dengan dirinya sendiri sehingga membuat kelas menjadi gaduh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Virtual Reality (VR) dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengaruh penggunaan Virtual Reality terhadap penguasaan kosakata pada kelas 5A di MIN 13 Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di MIN 13 Aceh Besar pada tahun ajaran 2024/2025 (663 siswa). Peneliti memilih siswa kelas 5A sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen dengan One Group Pre-Test, Post- Test Design. Peneliti menggunakan pre-test, post-test dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan Virtual Reality efektif terhadap penguasaan kosakata di MIN 13 Aceh Besar, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-test pada taraf signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Adapun respon siswa yang tinggi dalam pembelajaran kosakata menggunakan Virtual Reality di kelas 5A di MIN 13 Aceh Besar, peneliti menemukan bahwa persentase respon positif (92%) lebih besar daripada respon negatif (8%).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Putri Rahmah |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:34 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41218 |