Penerapan Teknik Skimming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara

Fahira Pande Jaya, 200209022 (2025) Penerapan Teknik Skimming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Teknik Skimming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara] Text (Penerapan Teknik Skimming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara)
SKRIPSI PGMI BAB 1-5 LAMPIRAN FAHIRA CETAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Penerapan Teknik Skimming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara] Text (Penerapan Teknik Skimming untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara)
SKRIPSI PGMI BAB 1-5 LAMPIRAN FAHIRA CETAK - Copy_opt.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Membaca pemahaman adalah sebuah proses membaca yang menekankan pada kemampuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bahan bacaan yang dibacanya. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca dinilai masih sangat rendah dan memiliki kesulitan memahami suatu bacaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan teknik skimming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara yang terdiri dari 19 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi kegitan guru, lembar observasi kegiatan siswa, lembar tes siswa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang diperoleh bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 79,62% dan pada siklus II memperoleh 90,74%, sedangkan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran siklus I memperoleh 79,16% dan siklus II sebanyak 93,75%, sedangkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I memperoleh 68,28% dan pada siklus II memperoleh 84,21%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik skimming dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV MIN 11 Aceh Tenggara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahira Pande Jaya Fahira
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:37
Last Modified: 15 Jan 2025 04:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41236

Actions (login required)

View Item
View Item