Maisarah, 190205052 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_MAISARAH 13012025 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_MAISARAH 13012025 (1) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Hasil belajar adalah bagian terpenting dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika dapat membekali siswa agar bisa berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta dapat membentuk kemandirian dan terdapat kemampuan untuk bekerja sama. Namun pada kenyataannya berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada kelas IX di MTsS Babun Najah diperoleh data yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning siswa SMP/MTsN dengan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas IX di MTsS Babun Najah Banda Aceh Tahun Ajaran 2024/2025, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IX-A dan IX-B. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan kriteria pengujian “Jika t_hitung>t_tabel tolak H_0 dan terima H_1. Jika t_hitung≤t_tabel terima H_0 tolak H_1”. Oleh karena t_hitung>t_tabel yaitu 3,95 >1,67, maka terima H_0 dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maisarah Mai |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:45 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41285 |