Pengelolaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar.

Zaskia Putri AB, 210206033 (2025) Pengelolaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh  Besar.] Text (Pengelolaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar.)
BISMILLAH CETAK SKRIPSI 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Pengelolaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh  Besar.] Text (Pengelolaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar.)
BISMILLAH CETAK SKRIPSI 1 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan ekstrakurikuler pencak silat yang baik diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan peserta didik, maka diperlukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang efektif dan efisien. Akan tetapi kenyataannya di MTsS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar terdapat permasalahan yang timbul dari faktor internal peserta didik yaitu masalah kurangnya kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta kendala ekstrakurikuler pencak silat dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala madrasah, pelatih, dan peserta didik. Hasil penelitian yang didapatkan dilapangan ialah ; Pertama, Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler berjalan dengan baik dan matang, adanya seperti analisis kebutuhan, penetapan tujuan, pemilihan pembina, penyusunan kurikulum, penyusunan jadwal, pengadaan sarana prasarana, dan evaluasi dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik. Pengorganisasian berjalan dengan baik dan semestinya yaitu adanya pembagian tupoksi kerja namun tidak adanya struktur organisasi. Kedua, Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan diawal, yaitu terealisasikan seluruh indikator dalam perencanaan. Pengawasan berjalan dengan baik yaitu mengukur dan mengamati kegiatan ekstrakurikuler baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Ketiga, Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan ekstrakurikuler pencak silat yaitu kurangnya anggaran dan fasilitas sehingga memperhambat proses pelaksanaan latihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zaskia Putri
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:46
Last Modified: 16 Jan 2025 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41302

Actions (login required)

View Item
View Item