Strategi Muraja’ah Dalam Penerapan Program Tahfidz Di MAN 1 Kota Langsa

Cut Nyak Nilam Cahaya, 190201051 (2025) Strategi Muraja’ah Dalam Penerapan Program Tahfidz Di MAN 1 Kota Langsa. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi muraja’ah dalam penerapan program tahfidz di MAN 1     Kota Langsa] Text (Strategi muraja’ah dalam penerapan program tahfidz di MAN 1 Kota Langsa)
revisi sidang 1 (1) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Strategi muraja’ah dalam penerapan program tahfidz di MAN 1     Kota Langsa] Text (Strategi muraja’ah dalam penerapan program tahfidz di MAN 1 Kota Langsa)
revisi sidang 1 (2) (1) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Program tahfidz di MAN 1 Kota langsa telah menerapkan berbagai strategi muraja’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan metode muraja’ah dalam penerapan program Tahfidz di MAN 1 Kota Langsa. Serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses muraja’ah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini dipilih karena mampu mendeskripsikan fenomena yang dikaji. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru tahfidz dan 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi muraja’ah di MAN 1 Kota Langsa meliputi penyesuaian waktu khusus untuk proses pelaksanaan program tahfidz dan penerapan metode talaqqi oleh guru tahfidz, serta adanya metode takrir selama proses tahfidz dan muraja’ah berlangsung. Namun belum semua diterapkan seperti ruangan khusus tahfidz yang belum tersedia, sertifikat untuk penunjang semangat siswa dan rapor untuk evaluasi kemajuan hafalan dan muraja’ah siswa belum diterapkan, serta beberapa siswa yang kesulitan dengan metode diterapkan, secara tidak langsung menerapkan metode juz’i yang lebih memudahkan mereka. 2) faktor pendukung yaitu : dukungan kepala sekolah, dukungan guru tahfidz dan dukungan orang tua. Sedangkan, faktor penghmbat yaitu: waktu yang bertabrakan dengan ekstrakulikuler lain, kekurangan tenaga pendidik, kekurangan motivasi siswa, serta kurangnya ketegasan dari guru tahfidz terhadap hafalan baru dan muraja’ah siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Nyak Nilam Cahaya Nilam
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:35
Last Modified: 16 Jan 2025 05:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41502

Actions (login required)

View Item
View Item