Risma Nabila, 200503096 (2025) Peran Perpustakaan Madrasah Dalam Mendukung Program Moderasi Beragama Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh. Peran Perpustakaan Madrasah Dalam Mendukung Program Moderasi Beragama Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh, 8 (2): 36. pp. 1-36. ISSN ISSN 2580 – 990
![[thumbnail of Peran Perpustakaan Madrasah Dalam Mendukung Program Moderasi Beragama Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Risma Nabila, 200503096, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan MTsS Ulumul Quran dalam mendukung program moderasi beragama serta strategi yang dilakukan perpustakaan MTsS Ulumul Quran dalam mengimplementasikan program moderasi beragama di kalangan madrasah. Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, perpustakaan MTsS Ulumul Quran bersama dengan guru telah berupaya dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman santri tentang moderasi beragama, menyediakan pojok baca moderasi beragama, dan memperluas akses informasi digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini 1 orang pustakawan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan telah berperan dalam mendukung program moderasi beragama dengan menjadikan perpustakaannya sebagai sumber utama kegiatan belajar mengajar , pengembangan minat dan kebiasaan membaca terkait, tempat strategis dalam mencari informasi, wadah menjalin komunikasi antar pengguna, sebagai agen perubahan, pembangun, dan pelestarian budaya, dan tingkatan kemajuan masyarakat. Walaupun demikian ,penelitian ini juga mengungkap beberapa kendala yang dihadapi oleh perpustakaan yaitu keterbatasan koleksi, sulitnya menarik minat baca santri, dan kurangnya ruang diskusi di perpustakaan. Penerapan strategi “Rakan Lima” dengan fokus pada peningkatan pemahaman moderasi beragama dan penyediaan pojok baca khusus moderasi beragama menunjukkan komitmen perpustakaan dalam membangun madrasah yang toleran, damai, dan menghargai keragaman budaya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Risma Nabila |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:58 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:58 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41587 |