Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP/MTs

Khairani Husni, 200205036 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahasan tentang pendidikan matematika] Text (Membahasan tentang pendidikan matematika)
Khairani Husni (200205036)_Skripsi_Cover-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Membahasan tentang pendidikan matematika] Text (Membahasan tentang pendidikan matematika)
Khairani Husni (200205036)_Skripsi_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, hasil wawancara guru dan berdasarkan deskripsi rapor online siswa menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) karena pada model PBL siswa dihadapkan dengan masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen yang menggunakan jenis Quasi Eksperimen dengan model Pretest-posttest Control Group Design. Populasi yang dipilih untuk diteliti adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPS Babul Magfirah dengan sampel yang dipilih secara acak menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data yang diperolah dari skor pretest dan posttest selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t menghasilkan t_hitung=2,505 dan t_(tabel )=1,68. Hal ini menunjukkan bahwa t_hitung>t_(tabel ) sehingga berdasarkan kriteria keputusan pada hipotesisnya maka H_(0 )ditolak dan H_(1 )diterima, pada hipotesis alternatif yang diterima menunjukkan bahwa μ_1>μ_2. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan sub materi metode substitusi dan metode eliminasi di SMPS Babul Magfirah. Pengamatan yang dilakukan saat eksperimen menunjukkan bahwa digunakan model PBL sebagai model pembelajaran menjadikan siswa terlibat secara aktif selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran juga menjadi lebih terarah dan sistematis dalam memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairani Husni Husni
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:56
Last Modified: 17 Jan 2025 08:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42171

Actions (login required)

View Item
View Item