Kontribusi Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Zarah Azhari, 190503078 (2025) Kontribusi Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kontribusi Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar] Text (Kontribusi Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar)
SKRIPSI ASLI ZARAH AZHARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Kontribusi Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar] Text (Kontribusi Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar)
SKRIPSI ASLI ZARAH AZHARI - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kontribusi Guru dalam Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Informasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri1 Baitussalam Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk kontribusi yang dilakukan oleh guru dalam pemanfaatan perpustakaan dan untuk mengetahui sumber informasi yang sering dimanfaatkan di perpustakaan SMA Negeri1 Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, melakukan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analissis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru dan peserta didik yang sering memanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diketahui bahwa kontribusi guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi belajar adalah sebagai organisator, motivator, fasilitator serta sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan. Sebagai organisator guru mengarahkan peserta didik seperti memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan di perpustakaan. Sebagai motivator guru memotivasi peserta didik untuk sering belajar dan mengunjungi perpustakaan. Sebagai fasilitator guru berperan memfasilitasi kegiatan pembelajaran dalam rangkah mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, guru dan peserta didik juga memanfaatkan sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan untuk dapat membantu dalam menyelesaikan tugas sehinga meningkatkan kreatifitas guru dan peserta didik dalam mencari berbagai sumber informasi yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Zarah Azhari Zarah
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:07
Last Modified: 17 Jan 2025 08:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42221

Actions (login required)

View Item
View Item