Farhan Yusuf, 190602044 (2024) Strategi Pengembangan Inovasi Produk Halal Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Pendekatan SWOT Pada Usaha Pustaka Cafe). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Inovasi, Produk Halal, UMKM, Analisis SWOT]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Farhan Yusuf, 190602044, FEBI, ES, 085289604180.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Pengembangan inovasi berperan penting dalam meningkatkan daya saing suatu produk. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan inovasi produk halal pada Pustaka Coffee menggunakan pendekatan SWOT. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan data primer melalui media wawancara kepada owner Pustaka Coffee beserta staff/karyawannya. Hasil penelitian menyimpulkan sembilan alternatif strategi yang dapat diterapkan pada Pustaka Coffee berdasarkan analisis SWOT, yaitu: mempertahankan kualitas dan pelayanan produk yang ditawarkan, mengidentifikasikan promosi pada pasar konsumen yang dituju, melakukan endorsement, meningkatkan pemasaran produk, mendaftarkan Pustaka Coffee ke MUI, mengadakan event bersama komunitas pencinta kopi, mengembangkan lebih lanjut inovasi dan kualitas produk, dan mencari pemasok alternatif untuk menekan biaya produksi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Farhan Yusuf Yusuf |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 04:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42414 |