Siti Maisarah, 180205105 (2025) Analisis Kemampuan Literasi matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP /MTs. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of kemampuan literasi matematis]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Siti Maisarah. PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang memuat kompetensi dasar di bidang matematika. Kemampuan literasi matematis sangat penting untuk dikuasai oleh siswa agar matematika tidak hanya dipahami dari segi materi saja namun juga menggunakan matematika untuk menyelesaikan pemasalahan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini 3 orang siswa kelas VIII MTsN 4 Aceh Besar, yaitu masing-masing siswa berkemampuan literasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan literasi matematis, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dengan melakukan tes tertulis dan wawancara. Teknik pengeceka keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, dengan memberian STKLM-1 dan STKLM-2 pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek dengan kemampuan literasi matematis tinggi memenuhi semua indikator literasi matematis, yaitu dapat merumuskan masalah secara matematis (formulate), mampu merancang dan menerapkan strategi serta menggunakan konsep, fakta, atau prosedur matematika dalam menyelesaikan permasalahn (employ), dan dapat menafsirkan kembali hasil ke dalam konteks permasalahan (interpret). Subjek dengan kemampuan literasi matematis sedang mampu merumuskan masalah secara matematis (formulate), merancang dan menerapkan strategi serta menggunakan konsep, fakta, atau prosedur matematika dalam menyelesaikan permasalahn (employ), namun belum mampu menafsirkan hasil ke dalam konteks permasalahan. Subjek dengan kemampuan literasi matematis rendah hanya mampu indikator formulate yaitu mampu merumuskan masalah secara matematis, namun belum mampu memenuhi indikator employ dan interpret.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Maisarah Siti |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 02:36 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 02:36 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42531 |