Nurul Amalia, 210202197 (2025) Penggunaan Metode Imlak Ikhtibari Dalam Pengajaran Keterampilan Menulis Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Metode Imlak Ikhtibari Dalam Pengajaran Keterampilan Menulis Arab]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Amalia, 210202197, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP IT Daruzzahidin Aceh Besar, ditemukan bahwa siswa-siswi di kelas satu banyak yang belum bisa menulis bahasa arab dengan benar, tidak bisa menulis huruf sambung dan huruf yang tidak bisa disambung serta membedakan Alif lam Syamsiah dan Alif lam Qamariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa dan untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru ketika menerapkan metode imlak ikhtibari dalam pengajaran maharah kitabah Arab. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti di dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model (One Group Pretest Posttest Design). Peneliti menggunakan observasi langsung, pre-test dan post-test sebagai metode dalam mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Aktifitas guru dan siswa-siswi saat pengajaran maharah kitabah arab dengan menggunakan metode imlak ikhtibari berjalan dengan sangat baik, peneliti memperoleh nilai 90% untuk hasil observasi langsung aktifitas guru dengan tingkatan sangat baik. (2) Penggunaan metode imlak ikhtibari berpengaruh pada kemampuan siswa dalam pengajaran maharah kitabah arab, peneliti memperoleh hasil Paired Samples T-Test dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) 000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nurul Amalia Nurul |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 02:26 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 02:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42585 |