Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas II SDN Garot Aceh Besar

Khairun Nisa, 190209174 (2025) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas II SDN Garot Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas II SDN Garot Aceh Besar] Text (Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas II SDN Garot Aceh Besar)
Skripsi Khairun_nisa_full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas II SDN Garot Aceh Besar] Text (Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas II SDN Garot Aceh Besar)
Skripsi Khairun_nisa_full - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Garot Aceh Besar masih rendah, sebagaimana teridentifikasi melalui hasil observasi yang menunjukkan banyak siswa kesulitan mengenali huruf, merangkai suku kata, serta membaca kata dan kalimat sederhana. Masalah ini menyebabkan sebagian besar siswa belum mencapai standar kemampuan membaca yang diharapkan. Untuk mengatasi kendala tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan media flashcard. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, melibatkan 32 siswa sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan membaca siswa. Aktivitas guru meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, dan 96% pada siklus III. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 52% pada siklus I menjadi 73% pada siklus II, dan 90% pada siklus III. Hasil tes membaca menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, dan 91% pada siklus III. Kesimpulannya, penggunaan media flashcard terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, baik dalam mengenali huruf, menyusun suku kata, maupun membaca kata dan kalimat, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairun Nisa Nisa
Date Deposited: 18 Jan 2025 03:45
Last Modified: 18 Jan 2025 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42615

Actions (login required)

View Item
View Item