Al Akhyar, 200202044 (2025) Istkhdam Al Alghaz Al Mushawaratu Fii Ittiqan Al Mufradat Ladaa At Talamiz Fii As Shafi Al Saadis Bi MIN 2 Banda Aceh. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Judul]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
akhyar acc.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan puzzle bergambar dalam menguasai kosakata dan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat mengajarkannya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan observasi langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas enam di MIN 2 Banda Aceh pada tahun ajaran 2024/2025, yang berjumlah 105 siswa. Peneliti memilih siswa di kelas "C" sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 31 siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil dari uji menunjukkan bahwa penggunaan puzzle bergambar efektif dalam menguasai kosakata pada siswa kelas enam di MIN 2 Banda Aceh, yang ditunjukkan oleh hasil Uji Wilcoxon dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sedangkan hasil aktivitas guru adalah 82,5 yang menunjukkan bahwa nilai tersebut berada dalam rentang 81-100 dengan penilaian sangat baik, dan hasil aktivitas siswa adalah 85 yang juga berada dalam rentang 81-100 dengan penilaian sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Al Akhyar |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 04:07 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 04:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42660 |